Memilih Motor Bebek

Setelah si Pibo Red terjual, (dengan harga yang miris, hehehe). Ane kembali berburu motor. Yah, intinya yang fungsional. Motor batangan emang keren, asik buat touring, namun secara fungsional (IMHO ya..) terdapat beberapa batasan. Mengarungi kemacetan Pamulang-Jakarta pake si Merah yang berbobot idup sekitar 150 kg cukup lumayan. Mana masih jinjit balet pulak dengan tinggi ane yang 173 cm. Terlebih kalo ane tinggal keluar kota, si merah cuma bisa ngedon di garasi kantor, dirumah ditaro juga percuma. Nyonyah besar gak bisa pake ke warung. Mbonceng si entong endut anak ane juga repot, perutnya mentok di tangki motor. So akhirnya, ane berburu bebek…

Cara ane berburu adalah cara pengguna motor kebanyakan. Gak teknis amat kaya milih spek instrumentasi buat di kantor. Dari mata turun ke hati. Dari design baru spek lainnya. AneΒ  bukan speedlover, bukan juga opreker yang doyan modifikasi mesin. Hmm.. listnya dari si bebek yang ane cari minimal 125 cc. Biar gak kebanting kuat narik kingkong 85 kg ini di tanjakan Nagreg. Lalu relatif bagi ane musti keliatan ‘agak’ macho, biar gak kebanting ama contin dan rvr yang dipake kalo lagi midik-midik jalan… hehehe. Selain itu, pengen juga biar bebek tapinya tetep stabil kalo kena angin truk lewat. Dan yang terakhir… harga rondonya damaaaaiiii… karena budget mepet hasil penjualan si Merah plus emang termasuk kaum Homosek kapak merah atau Hobi Motor Seken Kantong Cepak Maunya Murah Meriah (Bonsai Biker, 2011). hahaha. Dari list ini ane punya beberapa kandidat. Jupie MX, Axelo, CS1, dan Ax-Athlete. Tadinya pengen juga masukin FU, Bebek Premium Suzuki yang perkasa. Cuma langsung ditolak mentah-mentah ama nyonyah. “Hadoh? FU? Mau jadi Alayyyy ber-ban sepedah?” katanya keberatan. Glek. Duh. Si macho 150 cc begitu kejam reputasinya….

image

Foto: website masing-masing Prinsipal Motor

Para bebek ini dikenal sebagai kelas premium dari keempat prinsipal Mopang. Turing ok. Perkotaan ok. Pertama CS1. well, mesin tegaknya ok. harga Moseknya ok. Cumaaa, no offence, design kok rada-rada aneh ya. Plus, di beberapa dealer mokas yang ane lihat, cuma ada warna hitam dan imho, dimata ane catnya sudah pada kusam. Agak kurang menarik jadinya. Setali tiga uang sama Axelo. Mesin Suzuki terkenal ok. Cuma balik ke design. Kok bebek buanget ya. Markir di kantor pasti akan ‘nyaru’ ngeblend dengan mongtor plat merah or roda dua andalan kolega bapak-bapak bercucu tiga. Sorry Suzy… spek mesin ente dari jaman shogun ane udah kenal. Tapi off the list yaa… (Kemon Suzy, bikin motor baru yang designnya sefenomenal FU dooonkk…).
Well dalam list tinggal Mx vs Ax. Mx lebih unggul jauh di sektor mesin. Mesin tegak plus radiator sehingga pasti mumpuni jalan jauh. Ax, yang gak perlu buka jok buat ngisi bensin, imho, dari i-net terkenal dengan stabilitasnya. Mesin? Masi konfigurasi bobok.Β  Tapi emang mau ngebut di sentul? UU Lalu Lintas ngatur di jalanan luar kota maksimal 80 km/jam kok. Pas riding cruise ane yang cuma antara 60-80 km/jam. So, mesin ga masalah. Designnya ayam jago berstang jepit, cocok pula ergodinamis-nya yang gak akan asing bagi ane sebagai mantan rider Pibo UG4 ini. Plus gak pasaran kalo di jalan. Jarang kliatan, akan stand up di parkiran motor. hahaha. Kayaknya hal terakhir yang bikin ane mantap memilih Ax. Secara ane males disaingin orang kalo punya barang. Hahahaha. Terlebih kompresi Ax ada di bawah 10, sementara Mx di atas 10. Teorinya dari angka kompresi ini Ax operasional cukup berpetramax biasa, sementara dari speknya Mx harus berplus-plus. Kalo lagi touring, dengan kompresi lebih rendah, semepet-mepetnya di dusun tetep oke kuat berpremium. Kompresi di atas 10 mau make oktan 88? Mau setebel apa kerak karbonnya? Faktor ini juga jadi alasan pemilihan Ax.
Saat berburu rondo si Ax. Shushaah.. di beberapa dealer, kondisinya udah gak asik dilihat. Cek tokobagus, kunjungi langsung tiga kali, belon dapet yang ocre. Buanyak warna biru. Gak demen ane. yang warna merah, harganya ga cocok dengan prinsip kapak merah. Sampai pada akhirnya, di WA sama juragan dealer mokas terkenal, motor 88:

“Boss, ada Ax 12, warna putih hitam, Harga langganan. Kondisi gress, dijamin ocre”.

Seperti saat pertama kali lihat nyonyah besar, dikirimin foto si Ax – Ale Putih, ane langsung ngebet. hahaha. Kinclong, khas dagangan si juragan rondo ini.

image

Photo : Juragan Motor 88.

Besoknya dateng ke dealer Motor 88 cabang BSD-Serpong. cek fisik langsung. Pertama yang dilihat rangka. Whew, biar dikata fokus di sport series, bebek si ijo ini gak maen-maen. Mulus rapih las-lasan dibeberapa tempat. Cek body, greng kagak brisik plastiknya kaya matic tetangga kampung. Liat dari blakang: simetris!!! (Trauma si Merah sebelumnya). hehehe. Test ride sebentar. Stang berat. sesuai review-review dari i-net. Sepertinya akan stabil cornering 70-80 km/jam. Engine Sound Check. nyaring lirih halus. Mesin gak berisik. Cornering enak, cuma ban musti naek dua tingkat kayaknya. Di mata gw standarnya yang 70/90 dan 80/90 kayak ban sepedahnya alay (Mata ane kebiasa liat 130/70 si merah, hehehe…). Akhirnya ijab kabul, stnk dan bpkb pindah dari juragan Motor88 ke ane, dan ane bikin akte bernama si Ale Putih. hehe.

image

Gak banyak perubahan dari ane, cuma modif agar lebih fungsional aja dengan hobi ane. Mesin standar, cuma ganti gir-rante ke sinnob premium, kaki-kaki naek satu (depan) dan dua (belakang) step dengan FDR, pasang handgrip. Dan as always, braket majic jar. Nyari braket si Ale repot juga. Secara motor gak pasaran. Lagian emang jarang modif ayam jago pake majic jar ya? hahaha. Namun juragan Sugeng Motorkita Depok nyanggupin bisa, masang HR4 di Ale. Puasa-puasa kemaren, dari jam 5 sore ampe jam 7, si Ale direparasi buntutnya, dan hasilnya ok… sangat rapih, very recon.

image

Beres pasang majic jar, si Ale pun siap Mudik… hehehe.

image

Ini cara milih bebek gaya ane. Cara ente gimana? Share yuk!

18 thoughts on “Memilih Motor Bebek

    • iya Masbro, duel terakhir pilihan ane emang AX vs MX rondo.. cuma masalahnya si MX udah 3 orang yang pake di kantor. kepincut ma AX dah.. hehehe.

  1. gan, agan masang rantai sinnob buat ax di daerah pamulang dimana ya? ane juga mau pasang tapi gak tau yg dkt pamulang dimana.

Leave a Reply

