Review Bajaj Pulsar 180 UG4 : Testimoni dari Pulsar Owner selama 3 Tahun

Cerita soal Bajaj Pulsar pastinya rame. Dari modelnya yang eksentrik, performa yang dahsyat untuk kompetitor sekelasnya, iklannya yang definetely man, sampai error produksi, sparepart yang sulit, harga jualnya sebagai motor bekas rondo yang miris, dan rumor hengkangnya sang prinsipal BAI. Dari sekian itu, ane cuma mau share aja pengalaman ane, testinomi dan review dikit sebagai pulsar owner, si 180 PIBO merah UG4 sekitar 3 tahun.

Setelah dari jaman SMA – bisa nyari duit jadi bebeker dan cuma dengan pandangan kagum ngelirik penyeplak motor batangan, tahun 2010 lalu ane bulatkan tekad. Dari dulu berbebek ria, RC100, F1-ZR, dan Shogun, sekarang musti bisa ngerasain punya BPKB motor batangan! hahaha. Browse, bikin list harga motor laki. Dari mopang, mochin (eh moindo ya?), ampe moindiahe.

Dari sekian kandidat dalam list, Spek/harga si UG4 langsung jadi toplist. Singkat cerita, akhirnya ane putusin, berangkat ke dealer terdekat, liat langsung, tambah ngiler…. Si merah maron P180 ane ambil cash di Probike Jalan Panjang (Ngutang 3 tahunnya ke koperasi kantor… hahaha…). Deal, 12/10 akhirnya ane punya motor batangan…. horeeeeee….. Berhubung ane kerja jauh dari darat, jadinya gak ngerasain gereget lamanya nunggu plat-stnk-BPKB seperti kebanyakan Pemilik Pulsar lainnya. Malahan ntu mongtor ane titip aja di Dealer dengan bilang nanti kalo udah ada plat ane ambil. hehehe… dijanjiin sales antara 2-3 minggu. Beneran ada sekitar itu. Tapinya baru ane ambil ntu mongtor 1.5 bulan kemudian pas off kerjaan. hehehe… Di dealer, cek bentaran, isi petramax di pom persis deket dealer, langsung… Zhinggg…. Zhinggg..

image

Kesan pertama… luar biasa menggoda. suara super halus, torsi yang mantap – minimal buat nyalip SK di Pantura.. (ane bukan speedlover), plus bobot yang ‘kekar’ sehingga stabil cornering. Wheeew. Gini rasanya motor ‘laki’. Hehehe. Gak banyak rombakan, ane puas dengan performa standar aja. Cuma kaki2 aja diubah ke FDR evo naek satu step, pasang EG, dan braket serta ‘majic jar’ sejuta umat E20. Setelah habis servis gratis di Probike, perawatan berkala ane percayakan ke XO motorshop kebon jeruk yang emang terkenal dikalangan Pulsar Rider. Lucunya mekaniknya adalah sama dengan mekanik pas servis gratis ane. Pindah nyebrang jalan kayaknya. hahaha. So garis besar Pibo ane itu satu rider – satu mekanik.

Red Pulsar ane gak pernah aneh-aneh. Emang pula mesin standar abis dan gak pernah geber2an kayak dikejer hansip. Beberapa kali solo jalan ke seputeran Banten-Jabar-Jateng dengan cruise speed 60-80 km/jam gak pernah ada masalah major. Minumannya non-subsidi plus oli shell AX-7 sebulan sekali. Enjoy suara zuing… zuing…. dari mesin.

image

Problem yang ada cuma beberapa dan yah udah ane terima ajah.

Tahun pertama, 0-15.000 km. Problem awal adalah seal packing oli di sisi perseneling yang selalu bocor. Murah sih, gak lebih dari 5 rebu perak (kalo gak salah), cuma nyebelin dikit pas di tinggal lama di parkiran kantor pusat, ane dinas ke daerah, balik-balik pasti meninggalkan jejak di parkiran berupa noda hitam-hitam mengering. Doh, tampang si Red yang macho, masa bikin noda kayak motor trail taon 80an engkong ane di tanah kontrakannya?  hehehe. Dan ini, ampir tiap kali servis ane ganti seal itu. Guondok juga, but ya sudahlah… selama cuma 5000 perak dan XO selalu nyetok, yo wes…

Tahun kedua 15.000-30.000 km. Tahun kedua baru nyadar kalo rangka belakang mereng ke kiri. Jadinya spatbor dan ban belakang gak simetris. Nanya ke mekanik, katanya bisa jadi karena beban box yang ane bawa. E20? yang isinya paling jas ujan, tools kit, kabel kopling, laptop, ama perabotan lenong ke kantor nyonyah ane. seberapa berat sih? Disaranin ngepres ulang. Tapi biar mereng, ga ngaruh banyak dengan kestabilannya. Palingan kalo nyuci baru nyadar lagi. Lama-lama kelupaan. hehehe. Gearset dan Rantai tahun kedua ini ane ganti pake Sinnob Premium. Yang lama sebenernya masih ok. cuma keracunan fiturnya ajah. Maknyuss, kagak ada brisik kaya mongtor batangan tetangga kampung, kalo jalan tambah kayak silent predator, cuma bunyi zuinggg dari mesin…

Tahun ketiga 30.000-40.000 km. Baru nih rada ramean listnya, tapi wajarlah. Rantai keteng mulai berisik, gangguin kuping. komstir mulai oblak. karet perseneling copot, dan besinya tanpa ampun mulai ngegesrek sadis Tomkins ane ampe bolong. Mungkin sudah saatnya servis besar.

Tapi karena ditahun 2013 ini kerjaan mayoritas gak nginjek darat, rooling cuma bisa di aer dengan Yamaha 25 PS dua tak, hehe. si Pibo merah banyakan debuan ngedon nongkrong di garasi kantor. Akhirnya nyerah juga ma nyonyah, kepaksa si Pibo kesayangan dilego (dengan harga miris…. hik hik), diganti bebek, biar bisa nyonyah rooling sendiri ke pasar beli jengkol buat semur paporit ane waktu dirumah…..
Mao tuker tambah mogtor indiahe? shushahnyah…. sms ke berbagai juragan online (yang katanya nrima dari mopang ampe mochin…) kagak ada dibales. Dateng ke beberapa dealer mokas jawabannya “maaf kita ga maen selaen mopang…” Akhirnya pasang iklan online di tokobagus… baru jreng cerai terjual. bye bye big Reds!

image

So, dari ane, kalo ente berminat meminang pulsar baru / second :

1. Kalo mikir bakal mau dijual lagi, mendingan fikirin ulang buat beli baru. Pulsar bukan mopang, ngejualnya akan rada-rada miris harga pasarannya. Kalo mau nyari secondnya, Pulsar very value/money. Pulsar yang terawat punya fitur ocre, stabil, ergodinamik enak, minim getaran, suara halus, mesin bertenaga, dan harganya miring dibanding motor batangan second lainnya. Pastinya cek fisik. okeh kata ente, hajar ajah. hehe.

2. Kalo uda punya BPKB-nya, kata ane get used dulu sebelon diajak manasin ban jauh-jauh… apalagi kalo sebelumnya bawa bebek/matic kayak ane. bobot berat, tinggi (Ane 173 cm masih jinjit), katanya netralin gigi susah, ban licin, etc. Sama kaya baru pacaran, sungkeman dulu ke keluarganya sebelon ngajak nikah. hahaha… test dulu ke indomaret, keliling-keliling beberapa kali sampe kenal karakternya sebelon test drive nyari Contin ke Bandung.

3. Mesin, selama ga dirombak aneh-aneh, kata ane bandel abis. 3 taon ane pake ga pernah rewel. Midik-midik solo sana-sini tektok 200-400 km ga pernah trobule di jalan. Servis rutin dan selalu cek oli dari jendelanya. Pulsar terkenal rada hot, apalagi kalo mengarungi stop-go kemacetan kota, oli bisa ngedrop (apalagi yang ane langganan ganti seal oli di perseneling). Siap-siap aja selalu cek. Oh iya, tergantung cara pakenya juga, ane 3 tahun uda dua kali ganti kabel kopling. Siap2 aja di box kalo mau jalan jauh biar gak repot.

4. Cari rujukan bengkel terpercaya. Dengan bengkel resmi BAI yang katanya berguguran satu persatu, browse atau gabung ajah ke komunitas Pulsar di kota ente. Tanya pada servis dimana. Banyak selain Beres yang full recon menangani Pulsar.

image

5. Siap-siap ride safely ikutin aturan lalin. Jarang keliatan rider Pulsar berenti di depan garis putih lampu merah, nerobos busway, apalagi struntulan. Mau modif strobo dan toa biar keren waktu mudik? hmm… jangan dah, itu ngedoain yang buruk buat ridernya, karena entar disangka Pulsar ente angkutan jenazah lagi.. hehehe.

6. Terakhir, get ready di tombol klaksonnya yang khas, akan di toet-toet kalo ketemu sesama Pulsar di jalan. Mau anak club, mau ncang babeh punya cucu tiga, nyeplak di kuda Indie ini, pasti di sapa toet-toet ama sesama rider Pulsar..

ciao!

Advertisements

14 thoughts on “Review Bajaj Pulsar 180 UG4 : Testimoni dari Pulsar Owner selama 3 Tahun

  1. Pingback: Kawasaki Bajaj P200NS : Tetap Lebih “Beraroma” Pulsar dibanding Kawasaki? | 2 Wheels. Notes.

  2. seal oli perseneling emang paling racun tuh gan, mongstor ane baru ganti seal oli perseneling tetep aje mengalir jauh seperti bengawan solo x_x gak punya review mengatasi bocornya seal oli gan?

    • Iya masbro… tiap sebulan sekali-dua bulan sekali PIBO ane dulu pasti mesti ganti ntu seal.. nanya sama anak2 Pulsar waktu dulu… ya katanya emang penyakitnya…

  3. Laku brp mas ug4 nya ? Sy jg rencana lg mau lego ug4 2011 merah marun, jarang dipake. Jd kangen, persis di gambar hehe

    • pernah gan. kalo ane dulu masalah kelistrikan… coba cek dari dari aki – bcu. kalo ane dulu, di dorong masih bisa buat nyala, trus meluncur ke bengkel terdekat buat di cek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s