Bebek Ayago Belajar Touring

image

Cerita motor bebek lagi. Lawong tunggangan baru. Pasti asiknya dicerita terus. hehehe. Kali ini mau share ajah mengenai bebek ayago yang mau belajar touring. Bebek mau touring? Emang kenapa? Ada masalah? Hehehe. Katanya… bebek/matic cuma buat dalam kota. Cuma bisa ngeselin karena bikin macet dan mayoritas struntulan serta melanggar lalu lintas. Kalo buat touring keluar kota : Pegel. Kena angin truk dan bus (apalagi bus SK pasti goyang mereng-mereng. Mesin kecil bobokan pulak (kecuali yang punya Jupiter MX dan Satria FU ya..) bakalan ngos-ngosan gak pantes jalan jauh. Kata om India dan beberapa juragan lainnya: hari gene, masih perlu bebek? hehehe. Bebek/matic emang jelas pas mantab buat dalem kota. Tapi, kalo buat riding nyari angin… nah ini dia. Enak gak ya? Apa bebek bisa se-enak bawa sport untuk jalan jauh? Ini sekedar cerita ajah, pertama kalinya jalan-jalan agak jauh bersama si ayago AX Kawasaki Althlete. Cekidot juragan.

Setelah sekitar sebulan wara-wiri bersama Ale, udah lumayan cukup kenal karakteristiknya. Gimana ngeremnya, gimana ngurut gasnya. Pemakaian sehari-hari sip. Stabil, gak bikin pegel tangan, gak berisik, plus gampang parkir- dibanding dulu si merah UG4 yang 150an kg. Dari awal belinya udah gatel pengen di bawa jalan-jalan. Sebenernya kemaren udah pernah di bawa Jakarta – Sukabumi, cuma.. ya sama nyonyah besar plus jagoan kecil dengan full box belakang dan side bag. Kagak ketauan karakter optimalnya. Wong jalan 40 km/jam plus sejam sekali berenti. Hehehehe.

Hari Jumat lalu, kebetulan ada tugas nguli ke Bogor. Cuma ngambil berkas ajah sih. Wah, kesempetan nih. Bisa sekalian nih test drive. Kemana ya? Daerah sekitaran Bogor yang enak. Iseng googling, tertarik dengan jalur alternatif ke puncak via Bukit Pelangi yang di share sama juragan EYD dan TMCblog. Wah seru juga promosi jalur ini. Sebelum jalan-jalan lebih jauh, trek ini kayaknya asik banget buat jalan-jalan pertama bersama si Ale.

Biar dikate sering ke Bogor, ane belom pernah lewatin jalur ini. Dulu bersama si Merah, kalo pengen nyari penyakit masuk angin ya dari Jakarta ke jalur utara belok ke barat ataupun ke timur riding dengan bus SK yang ganas (hehehee). Puncak? Belon pernah kepikiran ke sana. Bayangan udah males sama macet. Paling kalo ada acara rapat nguli ajah. std, lewat Bogor-Tajur-Ciawi. Tapi promosi dua juragan blog yang ngetop itu bikin jadi tertarik juga. Kebetulan hari Jumat. Target nyampe mesjid Atta’Awun ajah buat sholat Jumat. Katanya kalo ke mesjid, makin jauh makin banyak pahalanya, diitung tiap langkah. Lumayan, nambah pahala di bulan Syawal. Hahaha…..

Jadi, pagi Jumat kemaren, jam 8 ane udah siap-siap jalan. Full gear, plus penjepret Nikon P7100 ke gantung dileher. Pocket all aroud lebih ready to jepret. Dari rumah di kampung sudut Pamulang, Jakarta, ane jalan dulu ke arah BSD Rawa Buntu, ngisi Shell sampe penuh. Pas 4 liter. Nyatet trip meter 6403 km. Okeh, lets roll Ale.

Menuju Bogor ane lewat jalur Puspitek – Parung – Bogor. Langit cerah cuaca bersahabat. Namun, disekitaran Parung, jalan sedang diperbaiki. Rada macet sedikit plus tanah beloq yang licin. Ekstra hati-hati nembus lumpur ini. Si Ale yang putih kinclong, baru jalan belasan km udah langsung belepotan tanah. Lepas dari Parung yang as always selalu macet, jalan nyantai lagi. Lumayan sepi ke arah Bogor, ke arah Jakarta saja yang ramai lancar. Si Ale ane test sampe kecepatan cruise luar kota. Antara 60-80 km/jam. Di kecepatan segini, si Ale tetep stabil, gak ada bonus getaran di handle grip. Plastik-plastik body juga greng kagak ada bonus bunyi berisik. Sekali dua kali bus Pusaka lewat dengan jarak paling satu-dua lengan. Si Ale tetep stabil gak goyang. Ok, not bad Le! Next test kena angin lewat Bus Sumber Kencono yo plus angin laut Jaluran utara… hehehe. Lagi santai riding di sekitaran kahuripan,Toet-toet! Ups.. P220 merah mendahului dengan santai. Riding sendirian, full box belakang kiri-kanan. Buntut berlambang Serigala PRIDES, sayang penengnya gak kelihatan. Kali toet-toet karena kelihatan buntut – juga di bagian depan- si Ale juga ane pasangin lambang serigala PRIDES dari si merah UG4, sebelon pindah tangan BPKB-nya. Brotherhood sesama rider Kuda India ini emang salut dan sedap! Ane bales toet-toet seraya ngasih jempol. Mau kemana bro?

Sampe di Bogor, urusan nguli sebentar di daerah Pajajaran, lanjut ke jalan Baru, nembus ke Gumati arah Sentul. Dipertigaan, yang kalo ke kiri adalah ke sentul city, ane lanjut lurus. All right! Ini dia jalannya! Gak berapa lama riding, nyampe di bukit Pelangi, belok masuk gerbangnya. Sesuai saran om EYD, ane obral nyengir dikit ke om satpam. Lalu ane ikuti penunjuk arah dan keluar dari Komplek Bukit Pelangi, masuk ke daerah Gunung Geulis. Disini banyak banget tempat istirahat bagi para bikers untuk menikmati indahnya alam. Ane berenti sebentar, di tempat srategis mandang alam dan mesen kopi item. Lurusin kaki sejenak. Setelah jepret landscape satu dua shoot, berbalik jepret si Ale yang masang pose narsis.

image

Setelah itu lanjut jalan lagi. Jalanan di Gunung Geulis adalah menu utama dari perlintasan ini. Sesuai share om EYD, Biarpun jalannya agak kecil, daftar pada menu super lengkap. Tikungan S, U, sambil menanjak maupun turun semuanya ada. Enjoy banget super recon. Cuma musti ekstra hati-hati, beberapa tikungan ada yang jalannya rusak, plus ada juga melewati beberapa perkampungan, sehingga harus konsentrasi ke jalan dengan baik.

image

Si Ale anteng stabil digeber cruising disini. Pas masuk daerah perkampungan, rem cakram depan belakangnya pas mantab sebagai piranti penghenti laju kendaraan. Di tikungan? Enak, in and out! Lha justru kok malah lebih enak si Ale ya? Dengan style si Ale dan si merah UG4 yang sama ber-stang jepit, bobot kingkong 85 kg ini bisa agak condong ke depan, neken stang. IMHO ini bagi ane membuat riding enak dan stabil. Gak pegel kok. Kali karena udah kebiasa midik-midik berstang jepit. 3 tahunan bawa stang jepit. Sebelumnya saat nyeplak Thunder 125, yang stangnya ane bikin baplang, feeling stabil gini ane gak dapet. Malah dengan bobotnya yang jauh lebih rendah, bolak-balik tikungan S lebih dengan gampang pake si Ale, dibandingkan saat dengan si merah UG4. Tapi, entah juga ya kalo masih ber-ban standar. Si Ale depan belakang udah ganti pake FDR, dengan naik satu step (depan) dan dua step (belakang). Heran ya rata-rata ATPM selalu ngasih ban berprofil mungil ke bebek. Depan rataan 70/90, blakang 80/90. Kenapa ya gak dikasi standarnya udah mumpuni untuk belakang minimal 100 gitu? Lebih safe buat ngelibas jalanan.

Si Ale gak all perfect. Di tempat tanjakan yang curam, ya dia meringis. Emang kelemahannya di puteran bawah. Ini bedanya ama motor sport kali ya. Di daerah beginian, bahkan waktu riding ke selatan di tanjakan curam, si merah UG4 enteng aja bisa ngelibas. Si Ale? Raungannya cukup bikin glek nelongso. Hehehe. Pake gigi 1-2, mesin Ale meraung pelan. Tapi sempet juga nyalip matik injeksi dua kali, yang sepertinya lebih kepayahan. So, biar meringis, tetep lumayanlah…. daripada manyun. Hahhahhaha..

image

Lepas dari daerah Gunung Geulis, masuk ke jalan utama menuju Puncak. Muacet. Puadat merayap. Namun, pas memasuki daerah kebun teh, baru bisa geber Ale lagi. Udara makin sejuk. Nikmat. Pas jam 11, akhirnya nyampe di mesjid Atta’Awun. Mampir ngopi plus jagung bakar di depan mesjid sambil menunggu Azan. Sedaap…

image

Sekitar jam 1, beres jumatan mulai riding pulang. Di daerah kebon teh, sempet narsis sebentar, lumayanlah… buat banner blog ini… hehehe..

image

Sesampai di bogor, mampir bentar ke tempat ortu (read: numpang makan), jam 4 sore riding back home. Jam 5 sore udah nyampe lagi di shell BSD Pamulang. Isi lagi ke full kena sekitar 3.8 liter. KM si Ale menunjukan 6576 km. So, totally sekitar 174 km, dilibas dengan 4 literan. 1/40. Not so bad Le!

Hmm.. akhir kata, sepertinya bebek asik juga buat turing. Dengan bobotnya yang ringan, cukup nyaman. Bebek juga rasanya stabil di hajar angin truk/bus serta jika ketemu tikungan patah. Mungkin modifiksi yang diperlukan hanya perbesaran sektor kaki-kakinya biar nambah safety saat di aspal. Satu – dua step cukuplah. Pengecualian untuk New Jupie MX, standarnya yang udah gambot dari lahir siap untuk di gas jalan-jalan. Filing cruisingnya gak beda jauh dengan bermotor “lelaki sejati” keluaran kuda India. Sektor downside, mungkin hanya di torsi saat dibutuhkan buat tanjakan curam. Tapi lagi-lagi, ini perkecualian juga. Bebek kawasaki, si Ale ini, emang terkenal agak lemot di putaran bawah. Untuk tipe bebek lainnya pastinya lebih baik. IMHO, tenaga, reliabilitas, juga stabilitas bebek udah cukup asik (bagi ane) untuk menikmati angin jalanan luar kota.

So, masih perlu bebek? Yap. Bebek bisa nyantai nganter anak sekolah, bisa damai nembus pasar buat nganter nyonyah beli jengkol, bisa gak pegel lewati macetnya jalanan ke tempat nguli, plussss…. ternyata enak juga buat midik-midik nyari angin segar.

Kalo agan-agan gimana?

image

Advertisements

20 thoughts on “Bebek Ayago Belajar Touring

    • Siap bang… kmaren midik-midik ngejer waktu jum’atan hehehe. Laen kali kalo ke BuitenZorg, boleh ya pengen mampir ke newsroom-nya berguru ama bang Haji 😀 😀

  1. wow, makyus om. bener tuh AX emang lemot di putaran bawah, tapi kalau papasan sama SK gak geal geol, beda ama bebek laen :Dhttp://athleteriders.wordpress.com/2013/08/19/jalan-sore-manasin-mesin-si-ijo/

  2. makanya EYD pede mengandalkan MX Strada buat mudik ke Medan, daripada sport harus pake sidebox masih mending deck MX bisa nampung bawaan gede (tas ransel jumbo), praktis.

    • Mantapps bang EYD….. wuah dahysat mudik Jakarta – Medan… awak juga dulu SMA kalo liburan antara jalan ke Sumbar atau Sumut. Tapi bukan dari Jakarta. Tapi anak BM – Pekanbaru. hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s