Baby Satria FU itu berbasis Raider J 110? Suzuki mau kemana?

image

Setelah blogwalking dan comment di blognya Masbro Ochimkediri yang lagi ngebet dengan Suzuki Axello, ane jadi terkenang juga (taelaaah..). Dari dulu secara sadar maupun enggak telah menjadi long-term user bagi ruda dua prinsipal berlogo S ini. Jaman masi diumpanin makan sama babeh, roda dua ane berturut-turut adalah RC100 – Crystal – Tornado. Pas jaman udah punya tabungan rekening di Bank, dari pertama ane beli Smash, ganti ke Shogun, lalu Thunder 125.  Si logo S terakhir adalah  si gambot Skywave 125. Apa kabar Suzuki ya? Apa setelah Shooter akan meluncurkan produk baru lagi? Blogwalking sana sini ane baca kalo katanya bertipe bebek sporty adik atau baby Satria FU? Jadi tertarik, googling sana-sini dapet info sedikit. Cekidot juragan.

Sang Suzuki Satria FU memang bebek fenomenal. Ayago  dengan spek mesin yang berani bejaban dengan motor sport kubikasi kecil. Demikian dahsyatnya sampai sang prinsipal, Suzuki Indonesia, andalan jualannya adalah bebeknya ini yang tercanggih. Bukan kelas entry levelnya. Di Google Trends, juga jadi jawara yang querynya terbanyak dicari di antara bebek premium lainnya, seperti yang udah ane bahas disini. (Mungkin) gerah dengan hal ini, Suzuki katanya akan ngeluarin motor baru, yang katanya entry level dari sang Satria FU, spek lebih rendah, jadinya di desas desus sebagai adik atau baby Satria FU. Designnya kayak apa ya? Blogwalking dari Kang Taufik TMCBlog, ketemu spyshoot ini:

baby_fu_teaser1

Sumber Foto : by Aziz For TMCBlog

Kata Kang Taufik, disini, sketsa motor baru berlambang S ini yang berkode FJ110 ini bebek stereo shock, mesin bobok pula… Jika seperti foto di atas, dengan kode kubikasi yang santer mengarah ke tipe 110 cc, Ini persis sekali dengan kubikasi Raider J yang sudah ada. Apa mesinnya saja yang akan diganti? Namun rangka design tetap Raider J 110?

Dari Suzuki Filipina, ane copas, designnya adalah seperti ini.

PhotoGrid_1376976672513

Sumber Foto : Suzuki Filipina

Mirip banget ya. Ayago Slim. Wira-wiri web lagi, ketemu beberapa foto lagi tentang si Raider J ini. Ini salah satu foto yang sudah sering nongol di blog Indonesia, Foto ini adalah Suzuki Ayago Raider 110 J yang sampai saat ini masih dipasarkan di Filipina (Nebak ajah, soalnya masih ada dalam websitenya).

28042008309

Sumber Foto : Update Inspired Blog

Apakah ini design sang adik satria FU yang mau masuk ke Indonesia? Cuma spek mesin ajah yang diupdate, seperti katanya om Laskar Suzuki disini telah berkapasitas 125 cc dan Injeksi? Atau malah ditempelin mesin Shooter FI? Jika kodenya sama, 110, apa itukah sang baby FU?

Suzuki Mau Kemana ?

IMHO, jika motor ini yang mau dimasukkan ke Indonesia, hmmm… Ciyus? Miapah? Okelah, mesin terkini dengan spek yang bertipe semprot. Itu mesinnya. Tapi designnya, jika plek numplek ayago slim stereo shock apa bisa bejaban dengan pasar Indonesia? Apalagi diplot di atas Axello dan di bawah sang legenda kakaknya Satria FU? Berdasarkan sisi harga, jika diplot seperti itu akan head to head dengan jawara bebek super (bukan Hyper ya… hehehe) Jupiter MX. Apa sanggup design seperti ini menaklukan pasar Indonesia berhadapan dengan jupie MX? Slim, stereoshock, bannya mungil standar 70/90-80/90, berhadapan dengan si semok sporty MX yang monoshock dan berban keker? Yang tinggal isi petramax plus lalu siap ngegas turing kemana aja? wuah berat dah rasanya.

Hmm.. jika designnya seperti ini, mendingan Suzuki R&D lagi kemauan pasar Indonesia. We want an updated sporty underbone bike! Even at low end user! Jadi? Suzuki mau kemana? Be Innovative! Kayak taglinenya yang dulu: inovasi tiada henti. Biar dikata mesinnya super oke, 110 atau 125 semprot, berbahan plastik anti geter, catnya mulus bertahun-tahun gak kenal kusem, tapiii… kalo gak ditunjang dengan design yang bikin orang noleh dua kali, impactnya gak akan besar. Jaman ane masih kurus dan guanteng dulu (sekarang masih tetep charming siih….), RGR jadi super idola. Knapa? Lawannya RX-Z yang dual shock. NSR yang slim kurus. Apalagi GL-Pro.. lewat semua dibanding RGR yang guagah. Shogun? Jangan ditanya lagi reputasinya. Shogun dilawan!!

Nah, kalo saat ini, kompetitornya saat ini udah nancep buanget image dan taglinenya. Si Sayap kepak adalah Elegan dan Irit. Si Garputala adalah kuenceng dan sporty. Kawasaki? Outliner-lah : sporty big bike. Bebeknya ajah mau di stop produksi (AX user galawers detected). IMHO, Suzuki perlu tagline sendiri : sporty stylish.

Coba kalo misalnya, si baby Satria FU ini berbasis mesin Shogun Injeksi aja. Gak usah updated buanget mesinnya. Mesin standar tapi design ok. Gak laku? blom tentu. Pabrikan laen ganti baju aja mesin sama laku kok. IMHO, design penting banget buat pasar Indonesia.

So akan super sekali jika baby FU ini designnya masuk ke bebek / ayago sporty yang semok (sporty slim kan udah ceruk kakaknya si FU), monoshock, body semok dan buntut bergaris tegas bak MX, dengan ban depan pake 90/80, dan ban belakang 110/80. Siapa yang gak akan noleh 2 kali? Apalagi jika berfitur tangki depan sehingga ada bagasi luas seminimal seperti Kawasaki AX (ane bisa ikutan jadi galaww ngeliatnya..).

image
Foto : Prinsipal Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki Indonesia

Andai baby FU seperti ini…. Ane inden nomer satu !!!!

Suzuki perlu lebih fokus di keahliannya. Ceruk matik dan sport batangan wes-lah, relakan ke Honda, Yamaha, dan Kawasaki. Seperti Bajaj-Kawasaki yang fokus cuma di sport, Suzuki fokus di underbone aja. Lawong ini memang andalannya kalo dulu. Inovasi tiada henti pada kelas underbone.

So posisioning pas. Jika si FU sang kakak adalah hyper underbone yang slim seksi untuk yang doyan ngebut, maka sang adik di ceruk berbeda. Ayago gambot yang semok. Cruiser ayago buat yang hobi turing. Mesin FI yang irit, plus ban gambot, kasilah bonus nambah harga dikit buat box Givi. Jadi dah, tinggal puter konci kontak, siap jalan-jalan.
IMHO, Cruiser Ayago semok pasti kuat adu harga jika bejaban adu otot dengan Jupiter MX. Apalagi kalo sampe bener 125 FI tegak. Dahsyat….

Came on Suzy! Inovasi (tiada) henti?

Kalo pendapat agan-agan gimana?

Advertisements

24 thoughts on “Baby Satria FU itu berbasis Raider J 110? Suzuki mau kemana?

    • hehehe… Iya mas.. santer juga katanya akan keluar sport 150 dari Suzuki. Gimana kalo jadi keluar sport murmer 150 Suzuki? masih teguh sama ngincer Axello-nya mas? hehehe…

  1. Ane setuju 100% sama bro penulis, sebagai pecinta Suzuki ane kecewa berat denger langsung dari sales suzuki, katanya memang mesinnya Suz Shooter….yaaah. Ane dah pake FU 150, terlalu kenceng buat lawan vixion,cb150r, apalagi cuman MX hee…..shogun sp yg 125 cc bisa kalahin MX yg 135cc, berharap mesinnya FX125 baru cocok dapet julukan baby fu….

    • Wuah. Bener masbro. kalo bener raider ditemplok mesin shooter… haduuh…. minimal rombak kaki-kakinya biar kuat ngadepin jupiter-blade di kelas 110 cc …

  2. Halo bro,

    Wahhh wahhh kalo dari bentuknya kok sama sekali ngga menarik yah (imso).. Mendingan ngga usah deh.. Kalo harganya mau disamain sama bebek pada umumnya pun keliatannya mending beli bebek sekalian..

    Salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s