Kawasaki Bajaj P200NS : Tetap Lebih “Beraroma” Pulsar dibanding Kawasaki?

Bajaj-Pulsar-200NS-White-Black-Color

Sumber : Bike India, 2013

Jum’at pagi hari lepas subuh, menjelang pagi yang cerah.

KM Si Ale – Athlete ane udah menunjukan angka 9950. Saatnya servis rutin ke Beres Kawasaki favorit Ane, Kawasaki Junior Motorsport – Parung. Mijit-mijit tombol HP, ngeles sedikit sama mador buat dateng siangan ke kantor. Lalu nyuci bikin kinclong si Ale. Malu laaah, mau servis di markas Gank Ijo yang isinya motor-motor segede gajah, masa bawa bebek mungil dekil pulak?

Abis ngelap motor, ngirup kopi anget pagi-pagi. Segarnyaaa ! Gak berapa lama nyonyah keuangan negara keluar ke beranda. Ngeliatin ane yang ngopi di sebelah si Ale – yang udah kinclong. Gak ada angin. Gak ada hujan. Nyonyah negara berkata… “A.. kan akhir taon nih.. beli motor lagi gih. Yang rada gedean gitu. Piksien. Apa Bison gitu…”

Uhukkk… Uhukkk… Uhukkk… kaget. Tumben Nyonyah Negara gak pake dirayu, malah nawarin anggaran buat buka brangkas keuangan? Kopi yang belom ketelen jadi keselek, nyebur. Si Ale yang udah kinclong sukses belepotan noda coklat.

——

Sambil jalan ke Parung, pikiran jadi blingsatan. Glek. Piksien? Bison? hati berbonga-bonga. Asyeek.. Motor batangan lagi, buat nemenin si seksi Ale. Biar Ale gak kecapekan. Senen-Jumat jatah Ale nembus kemacetan ke kantor, lalu weeked Ale bisa istirahat. Jatah berkompling ria ke luar kota. Hehehe….. motor apa ya? Piksien? CB150R?

New NVL – test ride punya temen ane di jalur Gunung Geuling Sentul – Ciawi Puncak, memang menggoda sekali. Warna selaras dengan Ale Merah-Putih, Ban Gambot 120. tapiiii… pasaran sekali. Tiap hari melintasi Pamulang – Slipi, bisa puluhan kali ketemu dengan gen NVL. Alternatifnya CB150R. DOHC-nya jelas sangat menggoda iman. IMHO, lebih jarang ketemu di jalan. Tapi tetangga sebelah rumah ane baru beli pulak. Persis juga warnanya putih stripping merah. Grrhh.. disangka ngikutin lagi. Byson? 21 juta masih ber-spek ngarbu? hmmm…

Sampai di Beres Kawasaki. Naro kunci, ngasih Shell Advance, lalu berjalan santai ke tempat duduk. Di ruang showroom mata tertuju pada satu sosok. Red Hot Chilli Paper : P200NS.

IMG 20131114 091922

Alah maak. Ini motor begitu menggoda. Besar. Keren. Kekar. Harga “damai”. Berdiri disamping Z250 pun IMHO “bejaban” kekarnya. Si Mbak Ijo pun datang menghampiri. “Pagi mas.. ada yang bisa dibantu?” Tanyanya. “Gak juga mbak, lagi nunggu ajah motor servis di sebelah. Pengen nanya ajah, ini inden gak mbak?” Nanya asal.

“Gak mas. Ready stok. warna merah, kuning, dan hitam. Sparepart sama servisnya aman kok mas. Dijamin Kawasaki. Impornya juga setelah lewat QC kami lho mas. Pokoknya semua sama Kawasaki.” Rayuan kalimat si Mbak sepertinya telah menebak mindset terhadap produk dari India ini di Indonesia. Sparepart sulit. QC agak agak kurang rapih. Ane manggut-manggut ajah biar diijinin naek. “Bole test naek ya mbak? Tinggi banget kayaknya?” Si Mbak manggut-manggut.

Duduk di sadel si kuda besi India ini dan ngelurusin bodinya, kerasa balik ke memori bersama si PIBO Merah. Berat dan Jinjit sedikit. Walaupun tinggi ane 173 cm, belum cukup buat napak kiri-kanan bersanding di atas kingkong besar ini. Pastinya akan stabil diajak banting kiri kanan di Cikidang.

Turun dari sadel, ngambil selembaran kreditannya, duduk di sofa tunggu Kawasaki yang empuk sambil browsing. P200NS memang menggoda. Browsing, buka baris teratas dari Google.com tambah bikin ngiler : The Devil Has No Shades of Grey.

Dahsyat. Kasi sedikit skotlait merah, kebayang si hitam-putih ini bersanding di sebelah si Ale. Bikin ngiler.com. Harus diakui, di harga 23 jutaan, si triple spark ini merupakan saingan yang sangat berat bagi sang jawara NVL maupun penantangnya CB150R. Gak perlu ane jabarin, bukan kapasitasnya buruh kuli kapal mau ngejelasin bedah mesin dan performa si raja India ini. Jelas di atas kertas googling, spek performanya sebagai streetfighter di berbagai blog selalu di atas dari kedua saingannya tersebut. Calon user berbudget 20-25 jutaan pasti akan kesengsem berat melihat motor ini.

IMG 20131114 091850

Tapi biarpun ada janji sparepart dan QC dari kawasaki, ane harus buktiin dulu ngubek-ngubek kaskus. ketemu. Hmm.. sepertinya, walaupun telah ditangani oleh Kawasaki …. Cekidot link berikut.

Beberapa masalah yang dialami User P200NS.

Hmm. Pastinya yang ngincer motor ini pun akan berfikir ulang jika baca kasus-kasus di atas. Sepertinya, berdasarkan pengalaman ane, mantan user PIBO 180, problem-problem di atas memang “khas”-nya yang “kurang beruntung” dalam meminang Pulsar. Komsir gak kenceng, seal-seal oli yang bocor (bahkan penyakit Pibo ane persis di Seal oli mesin!), Ban-Rangka gak center, kelistrikan koesoet, retak rambut pada mika lampu, itu sudah khasnya Pulsar ane dulu. Tiap kali servis bulanan part seal seharga 6000 perak di sisi mesin kiri PIBO ane harus diganti. Saking seringnya, di tahun ke 2-3 ane punya Pulsar, tetesan oli di ubin garasi adalah “tanda” saatnya diservis.

Sepertinya. Mungkin di sektor tampilan, yang kelihatan jelas, mungkin akan ada peningkatan kontrol dengan dipegang Kawasaki. Namun di sisi mesin, dengan testimoni para pemilik P200NS (yang kurang beruntung), sepertinya kontrol kualitas tetap akan “selevel” dengan Pulsar sebelumnya. Ale Si Athete ane, sebagai Anak Kandung beneran dari Kawasaki, dengan digeber sekitar 9.000 km dari beli bulan 5 hingga awal bulan 12 ini. Belum pernah sekalipun ada tetesan oli di lantai tempatnya parkir. Apalagi ban-rangka miring. Center se center-centernya walaupun dikasi E20 tiap hari dengan bobot yang sama seperti waktu bawa PIBO 180 dulu (Alesan mekanik Pulsar dulu sewaktu ditanya kenapa miring.. – Nyalahin rice cooker ane). Masa rangka bebek mungil 125cc lebih kuat nanggung beban dibanding batangan 180cc?

IMHO, menurut ane, sepertinya : dari sisi kualitas, P200NS pada saat ini terlihat masih searoma dengan Pulsar lama dibandingkan dengan Gank Kawasaki. Big warning, buat para calon yang kebelet dengan si Devil “no shades of grey”. Ngadu Luck : Beruntung apa kagak. Untuk die-hard Pulsar, Jika udah kebiasa kontrol kualitas Gank Wolves ini, monggo. Tapi, jika seperti ane, yang pengennya terima perfect tinggal ngegas ajah dari gunung sampe ke laot: pikir pikir dulu. Jika gak punya sejarah keberuntungan yang bagus dalam membeli barang, NVL atau CB150R masih menjadi pilihan lebih : Untuk saat ini.

Wait and see, mungkin sampai mungkin tahun depan akan lebih siap untuk sisi QC dan 3S dari kingkong India ini. No Offence, Just IMHO.

Advertisements

27 thoughts on “Kawasaki Bajaj P200NS : Tetap Lebih “Beraroma” Pulsar dibanding Kawasaki?

  1. weh, style nulisnya kereeeeen. gak kacangan. lebih punya taste.
    mmmmm….. dan di kota ane motor PNS200 masih barang langka biar kata di dealer bejibun stocknya, masih larisan ninjanya..

    • Ah.. masbro bisa ajah. Wong nulis ngasal tengah malem di HP. Hehehe.
      Iya mas, di sini juga ready stock semua warna. Biar keren banget, mungkin mayoritas masih pada nunggu testi QC dan stock sparepartnya. Pe-er besar Geng Ijo kalo mau sukses jualan motor Indianya.

  2. “Ratjoen ampoeh”
    Saya berani taruhan brad pasti pilih pulsar200ns at the last..motor japan jg dahoeloenja dikata2in sm org eropah n amerikah.tp skr 200ns sdh evolusi dr yg dahulu..kl mo test pake ns sy dl ga apa2 disekitaran pamoelang goeboek ane

    • Asyeekk… siap mas juragaan… memang nungganginnya ajah, aura sportnya gak kalah dengan z250 -harga dua kali lipat – yang parkir disebelahnya.

      Dari motornya sendiri, sebagai pulsar user – PRIDES yang masih nempel di hati dan spatbor motor ane saat ini, kekurangannya ketutup sama kelebihannya. Nah, memang yang masih ane intip 3S geng ijo ke PNS ini nih… semoga lebih baik dari BAI. Kalo ocre… bisa lanjut lagi berkuda besi India…

      Test drive boleh dimana nih gan? Hehehe…

    • hehehe… yoi masbro.. sudah menetapkan hati. ‘pacar’ si Ale sudah dijodohin : harus gambot sesuai buat tongkrongan kingkong, nrimo wae kalo kepepet kena bensin jelek, plus gak bikin pusing abang montir bengkel pinggir utan kalo engine trobule di tengah kampung… hehehe….

  3. Pingback: My Bike – My Style | 2 Wheels. Notes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s