Matic for Family Time…. Happy New Year 2014

image

Setelah sekian lama si merah gambot – Suzuki Skywave menemani, akhirnya dituker guling juga dengan salah satu rombongan FBY, Soul GT. Permintaan nyonyah, buat dia jalan-jalan kalo ane sibuk ngeburuh di laot.

As always, seken ajah… biar cepet bisa di bawa riding taon baruan (Alesan wong kere…). Biasanya ane gak begitu mood kalo bawa matic jalan-jalan. Kagok di kaki ma teflek ngerem belakang yang di tangan. Terlebih, si gambot matic skywave beratnya sama aja kayak bawa motor batangan. Masalah bobot ini yang diprotes sama nyonyah waktu pengen nuker. Yang lebih enteng dan irit. Setelah menimbang antara bebek atau matic injeksi, akhirnya doi kesengsem sama model si Soul ini. Untung Xeon GT baru belom beredar di jalan… hahaha. So, karena mau full board bawa anak ma nyonyah taon baruan, si matic ini akhirnya ane test ride.

—-

Pandangan pertamaa… Soul GT cukup ocre. Biarpun Matic Mio – yang memang awalnya oleh Yamaha di design untuk lady biker, designnya sporty dengan garis-garis tegas di bodynya. Tapiii… IMHO, lebar bannya agak tidak pas dengan dimensi body. Beda dengan rombongan Matic Honda, Yamaha sepertinya agak terlalu kecil menyematkan ban di seri motor maticnya. Kecuali si X-Ride kali ya. IMHO gak sesuai dengan bodynya, jadi seperti melihat motor alay. Mungkin di seri barunya (harusnya) Yamaha mempertimbangkan kesesuaian antara ukuran body dan lebar ban-nya.

So, sebelum rolling, ta’ bawa dulu ke Planet Ban buat naekin ukuran ban satu step. Setelah Pilot Street terpasang, lumayan enak dilihat sekarang plus jauh lebih nyaman matic garputala ini napak aspal.

image

Saatnya riding. Nyempak, dorong dikit keluar pager. Huahh.. entengnya ini motor. Jauh banget bobotnya dibanding si Gambot Skywave. Nge-mall geser-geser ini motor pasti lumayan gampang.

image

Tas bekel makanan tinggal di gantung, jagoan ane kakinya nyaman di depan, nyonyah santai di belakang. Jalan ke taman depan kompleks. Total bobot bawaan ni motor hampir sekitar 170 kg. Lumayan, gak ada tanda-tanda si matic kelelahan. Gak ada geteran juga di body dan bunyi-bunyia belt standar. Hanya saja, dengan full board gini, kalo tanjakan si matic agak “ngos-ngosan”. Tarikan motor matic FI, smooth. Beda dengan karbu Skywave yang dibetot lansung ngacir, matic injeksi ini tarikannya lebih santai. Mungkin ini yang membuat klaim aplikasi injeksi di matic membuat jauh lebih irit – namun untuk akselerasi mungkin kalah jauh dengan sistem karbu. Tapi buat nyonyah dan bawa keluarga, ngapain juga betot-betot akselerasi kenceng?

Secara fungsional, dengan ukuran dek yang besar, matic lebih enak untuk jalan sama anak ataupun bawa belanjaan tanpa harus setting box “magic jar” dibandingkan dengan bebek ataupun batangan. Pas muacet total di jalan pulang tahun baruan, inilah unggulan utamanya si matic. Tangan kiri santai abis! Jika pilihannya untuk jalan bersama keluarga, ataupun santai melewati kemacetan kota, matic memang yang paling cocok. Mungkin inilah yang menyebabkan popularitasnya kian dahsyat mengalahan bebek.

Selamat tahun baru 2014 semua!

image

8 thoughts on “Matic for Family Time…. Happy New Year 2014

  1. Hahahaha… Setuju… Ane juga pk vario 125… Bener2 kaya naik avanza…. Berempat, termasuk ane yg bodinya kaya beruang, 86kg, ga ada berasa sempit…… Masih berani jalan k bdg (jangan ditiru)

  2. wah dah kelewat jauh nih tahun nya. Tapi tetep salam buat Admin nya sering2lah post bang biar gak kelewatan lagi nih ane sama post nya abang

Leave a reply to wasilherbal Cancel reply