My Bike – My Style

IMG 20131221 214153

Setelah proposal mecah celengan akhir taun disetujui Ibu Negara, ane mulai berburu motor lagi. Surfing sana sini. As secondary bike, motor ini harus ane banget.Nyaman buat nikmati angin luar kota, realible buat solo ride menembus jalanan ke ujung pantai. Serta pastinya imbang ditunggangi kingkong 85 kg. Ane juga rada-rada kapok riding solo dengan motor yang gak friendly sama bengkel tengah kampung. So, setelah berfikir seperti ini, jika darurat bisa dibongkar bengkel dipinggir jalan, bike bersistem triple spark dan injeksi ane coret dari list. Sepertinya sistem karbu masih lebih nyaman buat dibawa jalan sendirian – Kondisi jalanan saat ini. List yang isinya motor gambot gede, item kelem, ngarbu gak nyusahin, dan gak perlu speedfreak, akhirnya menyisakan satu motor kandidat – yang ane banget….

Kebo Tengkorak Yamaha !

IMG 20131225 072651

Pas dikirim, visual dilihat, sebenernya tampilan si kebo udah ocre. Konsep streetfighter – non fairing. Hanya melirik ke kaki belakang kok kopong banget rasanya. Akhirnya kinyis-kinyis si kebo malem-malem ane boyong ke Planet Ban, balikin kaki aslinya seperti made in India yang berukuran 140. Ruang kaki sekarang penuh seimbang. Lalu dengan mesin mungil 150cc dan rangka besar, ada ruang seperti mesin menggantung. Menyiasati ini, si kebo ane tempelin cover mesin bawah. Tinggal masalah stripping kebo. Agak keramean warnanya di mata ane. Lagian masa kingkong naek kebo? Hehehe. si kebo ane bawa ke RONIta digita printing… pasang stripping baru…. dan…. Si kebo pun jadi kalong! Hehehe. Secret of Darkness : The Dark Knight. Perfect (for me).

1525086 699374026763232 2144629347 n

Time for test ride!

Sama seperti si AX Ale dulu, sekedar ngetes di jarak pendek, si kalong ane bopong ke Jalur Gunung Geulis – Jalur alternatif antara Sentul ke Puncak.

Nyeplak awal, si kebo-kalong ini cukup sesuai dengan kingkong yang naekinnya. Stang baplang plus jok lebar bikin ergodinamik cukup enak : Bebas sakit pinggang. Satu nilai plus dari si AX Athlete ane. Isi minum dulu, Shell Super 100 ribu bisa ditenggak sekali jalan. 9 liter, dengan maksimal 12 liter. Jika estimasi 1:30, si kalong ini bakal mampu jalan sejauh 300 km tanpa mampir. Lumayan, nyaman menembus perjalanan ke luar kota.

Menembus Kota

Sewaktu macet, stang baplang si kalong memang rada bikin kagok. Hmm.. emang habitatnya bukan dalam kota untuk menembus kemacetan. Tapi di Jalan Jakarta-Bogor yang lebih sepi, si kalong bisa nyaman melintas di RPM 5000an – batesan inreyennya dengan kecepatan riding 70 km/jam (angka speedo sih..). Kombinasi body besar, ban 100 – 140 bener-bener pas buat si kalong. Minus sedikit di rante yang agak berisik di kuping. Apa karena telinga kebiasa denger sepinya desisan gear Sinnob? Next chapter abis servis pertama yang harus diganti sepertinya.

Akselerasinya… soft. Seperti review-review di i-net. Karena sudah banyak baca informasinya, ane gak kecewa sama sekali. Berbeda dengan tampangnya yang sangar, tarikan akselerasi si kalong bisa terbilang smooth. Gak meledak-ledak dorongan tenaga dari mesin ke roda saat puntiran gas mendadak di geber. IMHO, rasanya gak jauh beda dengan tarikan matic injeksi Soul GT. Mungkin karena aplikasi karbu vakumnya, makanya akselerasi si kalong rada santai. Apalagi mesin dibawa untuk menarik ban belakang yang dua step dari kondisi standarnya, sementara komposisi gear depan belakang masih standar. Mungkin pada ukuran speedfreak bisa mengatakan smooth atau lemot. Tapi pada standar ukuran ane, ya biasa aja. wong ane juga bukan speedlover. Kalo bandingin akselerasinya ya jelas kalah dengan motor pabrikan Yamaha terakhir ane di jaman Kuliah dulu : Si Kuenceng Force One -ZR. Hehehe. Tapi untuk saat ini, overall, ane fine aja. Outside body sangar – inside enginenya smooth. Ane banget : Luarnya sangar gede item bak Rambo – tapi berhati bak berlagu Rinto. hahaha.

Sampai di Bogor lalu masuk ke jalan menuju Sentul City. yang jalannya rada koesoet. Alamak. Shock depan – belakang keras amat? Setelan shock belakang ada di nomer dua dari bawah yang mustinya rada soft. Rasanya sering banget di jalan melihat monoshock motor Yamaha – seperti Scorpio agak mbelesek kalo ditunggangi tandem. Apalagi degan lengan depan si kalong yang super large, asumsi ane shocknya motor Yamaha pasti lembut. Asik buat melibas jalanan luar kota yang agak rusak. Kok ini keras banget ya? Apa upgradenya karena shock Yamaha dahulu dikritik karena banyak yang ambles? List prioritas buat ditanyain pas servis perdana nanti.

Masuk ke jalur setelah pertigaan Sentul – Rainbow Hills, Test drive dimulai…

Menuju Sentul

Torsi si kalong, biar akselerasinya smooth, cukup bisa diandalkan dalam narik di tanjakan. Jalur dalam Rainbow Hills yang menanjak bisa di libas santai. Masuk ke Perlintasan Gunung Geulis, baru disini agak repot. Setelah terbiasa melewati tikungan dengan stang jepit Pulsar UG4 dan Kawasaki Athlete, stang baplang si kalong ini agak berbeda. Berkali-kali ane agak hampir out di tikungan, berbeda fillingnya kalo dengan Kawasaki Athlete. Alhasil harus masuk ke kecepatan yang lebih rendah di tikungan. Justru IMHO, bobot ringan dan posisi agak menunduk dengan bobot tertumpu di stang jepit, membuat si AX Athlete rasanya agak lebih nyaman masuk dan keluar tikungan dibandingkan dengan stang baplang si kalong ini. Semua tentu saja plus minus. Kenyamanannya cruising dengan posisi ridenya agak ditebus dengan speed lebih rendah di tikungan. Hanya mungkin sih, hanya kurang terbiasa saja.

Veridict. Yamaha Byson bukan motor paling oke di kisaran 20-25 juta. Bahkan seperti ane post sebelumnya, overprice. harusnya si kebo ini di kisaran bawah 20 jutaan agar lebih kompetitif bersaing dengan tipe motor lainnya. Jika speedfreak, duo injeksi CB150R atau NVL akan lebih menggoda. Jika lebih speedfreak dan gak questionable QC buildnya, P200NS pun akan jauh lebih menarik. Jika ridernya gak segede kingkong, mungkin D-Tracker akan jauh lebih asik bisa ngaspal dan garuk tanah. Tapi ukuran gambotnya yang pas sama rider kingkong, kenyamanan posisi riding tanpa sakit pinggang di speed santai, sistem mesin yang masih karbu – aman untuk darurat di bengkel pinggir jalan, dan sekali-kali kalo kepepet di luar kota masih damai nenggak bensin RON rendah, maka IMHO motor ini cocok sama ane.

Setelah puas sampai di tembusan ciawi, balik lagi ke Sentul, mampir di tempat nongkrong biasa. Emak warung keluar menghampiri.

“Aiiihhh si Aaa.. motor anyar deuuiii euuyyy…. Ari eta gambar kalong jiga geuus magrib wae ah..”

Parkirin si kalong ngadep ke gunung sambil nyengir kuda. Mesen kopi anget. Sabar ya long.. tunggu STNK-mu brojol, kita jalan-jalan ke laot selatan!

IMG 20140103 130107

Advertisements

20 thoughts on “My Bike – My Style

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s