STNK Motor baru : Dealer, Yamaha Indonesia, SAMSAT, dan Konsumen

Yamaha

Sampai hari ini, sudah ampir sebulan dari tanggal pengiriman dealer ke rumah (26 hari) si kebo-kalong ngedon di teras rumah. Mau Jalan jauh, STNK belon ada. Apalagi plat nomernya. Sebenernya gak terburu-buru juga buat memasang plat nomernya. Wong musim hujan, mau jalan juga gak mood. Ngeburuh tiap pagi sore saat ini lagi keranjingan ber-matic ria. Si Soul GT nyonyah begitu nyaman membelah kemacetan ibukota.

Yang agak sedikit membingungkan adalah saat membaca buku Garansi motor. Tertulis jika telat servis pertama, yang waktunya 1000 km atau 1 bulan, dengan mana saja yang lebih dahulu, maka garansi tiga tahun motor bisa HANGUS. Jika sesuai aturan lalu lintas, maka motor tanpa plat dan STNK tentu saja tidak boleh melintas di jalan raya. Lha bagaimana mau dibawa mbengkel di BERES jika mau taat aturan? Apa Yamaha menyediakan fasilitas mobil angkut jika dealer lambat dalam memberikan STNK – Plat Nomer? Atau apakah Pak Polisi mau ngerti kalau servis rutin sangat urgent buat garansi motor yang selama 3 tahun?

Karena pengen tau, apakah ada “tolerasi” dari Yamaha jika plat motor belum keluar sehingga telat dari sebulan servis pertama, ane hubungi Yamaha Indonesia.

Jadi singkat cerita ane ambil motor tanggal 21 Desember di Dealer Deta Yamaha Ciputat. Dijanjikan Plat dan STNK pada saat mengantar motor adalah 14 hari kerja setelah pengiriman motor. Sesuai seperti disini. Tapi hingga saat ini tidak ada tanda-tanda plat akan muncul. Ane tanyakan ke CS Yamaha melalui websitenya, dan inilah jawabannya.

Selamat Siang Bapak,

Kami sampaikan terima kasih atas apresiasi anda terhadap produk Yamaha. Menanggapi pertanyaan dari Bapak, berikut penjelasan dari kami:

Jika dilihat berdasarkan data nomor mesin yang diberikan, tanggal terbit
faktur motor Bapak adalah tanggal 31 Desember 2013 (Motor produksi
2014) dengan kondisi tersebut maka batas pelaksanaan KSG 1 adalah sampai tanggal 31 Januari 2014 (1 bulan dari tanggal faktur diterbitkan). Saran kami agar fasilitas KSG 1 dan garansi tetap berlaku sebaiknya pelaksanaan KSG 1 dilaksanakan sebelum tanggal 31 Januari 2014 atau Bapak bisa konfirmasi dengan Dealer penjual untuk lebih jelasnya.

Demikian penjelasan dari kami, terima kasih atas kunjungan anda ke website Yamaha

Salam,

Dari email ini, jika dilihat selang waktunya, Dealer Yamaha memerlukan 10 Hari kalender atau seminggu (5 hari) kerja dari saat pengiriman motor untuk mengeluarkan faktur motor produksinya. 21 Desember ke 31 Desember. Jadi hitungan sebulan adalah pertanggal faktur. Bukan saat motor diantar. Lumayan buat ‘senjata’ jika dealer nolak kupon ane di tanggal segituan. Tapi sepertinya inefisiensi sekali. 5 hari kerja penuh untuk selembar kertas faktur? Apa tidak ada sistem komputerisasi antara Pabrikan dan dealer? Namun Sales dealer menunding bahwa lamanya proses ini adalah SAMSAT. Menurut sales yang saya temui di dealer seminggu lalu, pada akhir tahun Petugas SAMSAT banyak cuti. Banyak libur. Sehingga kerjaannya pengurusan STNK menjadi terlambat. BC ke SAMSAT?

Cek ke TMCMetro, menurutnya lama pengurusan STNK baru di SAMSAT maksimal adalah 3 hari kerja. Melalui sistem yang telah ada sekarang maka paling lama proses ini adalah seminggu. Kusut umumnya adalah antara dealer – biro jasa. Bukan membela SAMSAT, namun saya lebih condong ke yang ini. Wong urusan faktur saja bisa hari kerja seminggu penuh dari pabrik masuk ke dealer? Gimana mau “semakin di depan” jika inefisien plus ditambah salesnya yang menunding ke pihak lainnya?

Tapi Jelas tidak akan tolerasi jika sedang razia dan kita bawa kendaraan dari rumah menuju BERES tanpa STNK. Kendaran baru sebelum STNK keluar belum bisa di pergunakan di jalan raya. Polisi tidak bertoleransi dan Yamaha Pusat juga tidak ada toleransi. Motor harus dibawa ke BERES at any cost dalam sebulan, tanggungan konsumen sendiri mau sudah ada STNK maupun tidak, agar garansi tetap berlaku. Apa Yamaha mendorong konsumen untuk melanggar aturan lalu lintas? Agar konsumen tetap mendapatkan haknya dalam hal garansi dari produk produsen tersebut? Jadi jika konsumen taat peraturan lalu lintas dan pengurusan surat dan plat motor lewat sebulan, siapa yang bisa disalahkan? Pastinya, kerugiannya konsumen yang menanggung.

Update :
Gak lama bikin surat ke Yamaha Pusat, akhirnya STNK si kalong turun.

Ngambil ke dealer, nanya si sales yang jutek dengan mata dan tangannya gak lepas dari BB ditangannya.
(Ampun ini sales dealer ini. Dua kali dengan sales berbeda di dealer ini sama persis gayanya. Ngomong sama costumer dengan mata dan tangan tetep di BB. Beda banget sama sales motor premium gank ijo di Parung. Biarpun berspatu crocs aspal, helm GM, jaket tipis butut dengan tulisan ADIRA guede-guede diblakangnya, dan cuma bawa ayago biasa, tetep ramah waktu ditanyain soal Z250).
Tapi akhirnya STNK si Kalong ditangan. Bikin plat pinggir jalan dan si Kalong bisa ngacir nyaman buat KSG-1 dibengkel Yamaha yang lain.

Rekapitulasinya,

Kuitansi DP dan Surat Jalan : 21 Desember 2013.
Dealer – Pabrik – Dealer buat bikin faktur motor : 10 hari dengan 5 hari kerja, tanggal tertera 31 Desember 2014.
Dealer – Biro Jasa – Samsat, 12 hari dengan 10 hari kerja, STNK tanggal tertera : 13 Januari 2014.
Samsat – Biro Jasa – Dealer, STNK di Dealer : 4 hari kerja, 17 Januari 2014.

Mungkin laen kali kalo beli baru enakan off the road, ngurus sendiri aja kayaknya. Lebih irit duit dan irit waktu.

Advertisements

112 thoughts on “STNK Motor baru : Dealer, Yamaha Indonesia, SAMSAT, dan Konsumen

  1. Mau tanya gan
    Saya ambil vixion kalau stnk belum turun katanya motor nya yang kusus laki jadi lama masa jadi nya stnk
    Sedangkan kata temen yang ambil r15 seminggu udah turun stnk tapi ya ngasih pelicin biar cepet jadi stnk nya

    Kalau gini kan asal ada uang semua urusan mulus
    Sepeda motor di rumah cuma di panasin terus kaya sayur yang di panasin mulu

  2. Gan saya mau nanya ,saya udah beli motor yamaha fino dah 3bulan plat nomor gak keluar2,sedangkan saya bawa ke jalan pakai plat nomor bikin di jalan sesuai stnk tetep di tilang pak polisi alesanya plat nomor ngga asli dari samsat,gua tanya ke dealaer katanya plat dari samsat seng buat plat abis bla bla bla? Ngga masuk akal banget ?knp ?dan ada apa skrg beli motor mau plat nomor aja susah.thanks

  3. Sy beli nmax d deler yamaha banjaran tertanggal 02 07 2016 tapi sampe saat ini berkas untuk pengurusan stnk belom d proses sampe samsat dan d janjikan 14hari kerja tapi s3telah sy pastikan ke dealer td pagi katanya 1bln stnk baru jd sungguh sy sangat kecewa

  4. hehehe… gak jauh beda rupanya…. saya pun mengalami hal yang sama, motor sudah saya terima tanggal 26 Juli 2016, sampai sekarang belum ada kejelasan, bahkan tadi saya telp ke Dealer Putera Motor Buaran… disampaikan oleh mereka.. bahwa STNK akan jadi dalam 1,5 bulan ke depan… hmmmm

  5. sama gan saya juga malah ini mau angsuran k 2 saya tpi blm keluar keluar platnya bilang 14hri kerja pas saya tunggu trus tanya lgi dia bilang 14kerja lgi gmna ya gan caranya biar bisa di aduin

  6. W mw tanya gan …. batas pengiriman motor berapa lama dan sampai jam berapa soalnya w dpt info hari ini turun tapi w tunggu smpe mlm jm 9 ga dtang2 ,,,, mana uang dp kmaren udh dimnta duluan

  7. saya beli sudah dari maret, sampai sekarang belum keluar plat nomornya. kata dealernya br kluar setahun kemudian. klo gtu gmna mau pergi keluar kota..

  8. mau nanya nih, ane baru pertama kali kredit motor, ane ambil mtor xride, untuk pertama kali nya bayar cicilan harus di pihak asuransi nya yah? tpi saya bingung ko nomor kontrak dan stnk dan plat nmr saya belum dapet2 yah, takut nya kena jatuh tempo klo no kontrak nya blm dpet2…

  9. saya beli dah tgl 5 blan kmaren,angsuran yg pertama jga dah di bayar,tapi stnk dan plat nmer sampai sekarang blm saya truma,katanya harus nunggu,trus hrus nunggu berapa lama lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s