Motor Baru 2014 : Honda MegaPro FI dan Suzuki Gixxer

2014-suzuki-gixxer-150cc-unveiling-photo-g2 640x480

Seru ! Bulan awal di 2014 ini saja sudah ada dua motor sport baru yang diluncurkan. Pabrikan sayap mengepak kembali meluncurkan motor sport injeksi 150cc, MegaPro FI, walaupun terhitung telah memiliki tiga tipe motor sport injeksi di kubikasi sama, yaitu Verza, CB150R, dan CBR150R. Adanya 4 tipe motor injeksi ini membuktikan keseriusan Honda untuk merengkuh mahkota motorsport terlaris di Indonesia yang saat ini dipegang oleh si Ganteng New Vixion Lightning. Langkah Honda untuk mengurung jagoan sport injeksi Yamaha in, memang dahsyat. Pada sisi harga yang dibawahnya ada Verza 150 FI dan MegaPro 150 FI mengintai, pada sisi head to head diluncurkan CB150R Streetfire untuk menantang adu nyali, sementara pada kelas atas terdapat CBR150R yang menggoda dengan full fairingnya. Sementara dari belahan ujung dunia sana, di India, Suzuki bangkit dengan meluncurkan sport karburator Gixxer 150cc. Menurut desas-desus, peluncurannya di Indonesia tinggal menunggu waktu saja. Spesifikasi Gixxer yang beraliran streetfighter berkaki 100/80 dan 140/60, jelas menabuh perang dengan Jagoan sport karburator yang berkubikasi sama.

Ane berandai-andai peluang kedua motor ini untuk menjajal pasar kelas panas 150-200cc di Indonesia. Apakah kira-kira 2014 ini Honda MegaPro FI dan Gixxer berpeluang besar untuk menyumbang pemasaran masing-masing pabrikan pada kelas panas sport 150-200cc?

Pertama, Si MegaPro FI dulu. Honda sendiri sebelumnya telah memiliki tiga motor injeksi pada kubikasi 150cc. CBR150R, CBSF, dan Verza. CBR150R yang harganya dua kali lipat, jelas tergolongkan pada kelas tersendiri. Jadi saingannya dari harga dan produk sesama ATPM adalah Verza dan CBSF. Jika dipetakan, sepertinya begini. Verza adalah paket hemat kuda beban injeksi termurah di kelas 150cc dan CBSF adalah untuk kaum muda biker yang speedfreak dengan mesin DOHC-nya. Jadi MegaPro FI posisinya dimana? Sebagai Sport touring? Mungkin. Aura sport turing khas AHM terlihat dari kemiripan design antara MegaPro FI dengan New Tiger. Sebenernya sih, kata ane secara umum, bukan hanya dua motor ini, keempat motor Honda yang gambarnya dibawah garisnya selaras. Satu Tipe : Its an Indonesian Honda. Stylish, mudah diterima segala tipe, dan bergaris kemapanan (kemapanan adalah kata lain dari tipe kebapakan… hehe.). Namun jika diposisikan sebagai sport touring, maka dibanding MegaPro FI, design sporty si Raja New Vixion Lightning jauh lebih fresh. Kaki-kaki si Kilat ini juga jauh lebih kekar dan siap diajak touring kemana saja.

Honda Sport

So? Ane cuma melihat dari sisi harga dan designnya terhadap injeksi kubikasi 150cc lainnya, posisinya MegaPro FI tanggung sekali. Data disini memperkuat bahwa MegaPro lawas pun sebenarnya sudah sangat terjepit antara CBSF dan Versa. Perubahannya menjadi injeksi-pun, dengan design/value yang ada, gak akan banyak perubahan bagi tipe sport ini. Jika sensitif sama harga, mau injeksi dengan harga ngirit, ya beli Verza. Jika mau injeksi bermesin kuenceng, ya beli DOHC CB-Streetfire. Jika mau bergaya sport touring ya lebih macho beli si kilat vixion.

 

27-1390818771-suzuki-gixxer-07

Sementara dari Pabrikan huruf S, Suzuki India sukses menciptakan motor yang keluar dari garis design aman. Fresh dari tipe produk lamanya, walaupun sekilas ane lihat mirip rombongan Pulsar.

Gixxer India, jelas akan jadi lawan tangguh buat sport karburator 150cc, seperti Byson ataupun MegaPro lawas. Speknya head to head dengan harga yang sepertinya akan lebih murah dari kompetitornya. Di India, dengan mesin karburator lebih diminati dibanding injeksi, Produk ini bisa jadi penantang kuat.

Tapi di Indonesia? IMHO, umumnya persepsinya adalah sistem injeksi lebih terkini jika dibandingkan dengan mesin karbu. Up-To-Date. Karburator means jadul. Jika henpon aja, bisa jual tuker tambah padahal yang beda cuma dari Android ICS ke JB. Apalagi motor? yang kadang menjadi representatif status sosial. So, meskipun sangat keren, IMHO, Gixxer ini hanya akan menggangu pangsa motor sport karburator. Belum akan booming mengganggu rombongan motor Injeksi.

Tapi biarpun belum booming, namun bagi Suzuki bisa di cekidot dulu. Menurut disini, selama tahun 2013, Produk Suzuki 2013 terjual sebanyak 400,675 unit. Jika dilihat dari disini dan disini , maka total pangsa sport karburator tiap bulannya akan berkisar di 10.000 unit/bulan (rataan dari Byson, Scorpio, MegaPro CW, MegaPro SW, dan Tiger 2000). Jika Gixxer ini berharga di level Verza denga spesifikasi yang plek dengan yang dilauncing di India (Tidak turun kaki dari 140 menjadi 120 seperti Byson), maka daya godaan untuk membeli unit ini akan jauh lebih hot. Jika tengah tahun 2014 baru akan on the road di Indonesia dan mendapat kue 1/5 pangsa pasar sport karburator, maka total di tahun 2014 ini bisa terjual sebanyak 10.000-15.000 unit dan 30.000 an tahun depannya. Estimasi bisa menyumbang lumayan dari pangsanya pertahun saat ini. Lumayan kan Suzy buat pangsa baru sportnya?

Buruan import si kekar ini! Dan jangan lupa : Potong bubur item putih, ganti namanya dengan yang lebih keren. Melihat desin tangkinya yang melebar – ane demen jika produk ini dinamakan “Suzuki Cobra 150cc.” Kemon Suzy!

2014-suzuki-gixxer-150cc-unveiling-photo-g8 640x480

Note :

Gambar Sport Honda ane ambil disini. Gambar Suzuki Gixxer ane ambil di sini, disini, dan disini.

Advertisements

6 thoughts on “Motor Baru 2014 : Honda MegaPro FI dan Suzuki Gixxer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s