Nostalgia Bersama Suzuki Smash Fi

image

Halo bro-sist semua!
Sore kemarin ane kejebak hujan guede antara Jambu Dua – Bukit Sentul. Daripada basah-basahan, lebih enak neduh ditemani sama kopi dari warung dadakan di bawah jembatan tol.
Syuuuuuup! Angetneeee ujan-ujan gini.
“Wuaah a.. suzuki Smash-na masih kinclong euy.. bapak ge punya nu sarua, nu merah oge geus 10 taon!  Biarge jarang diurus, tika ayeuna masi kuat nanjak ka gunung geulis! Nu Aa Smash nu anyar nya? “  Tiba-tiba si bapak warung nyapa ane.
Hehehe. Gelapnya kolong jembatan, ujan lebat, sukses nipu si bapak dengan facefilt stripping si shooter ane.

Beberapa hari ngeliat si merah Shooter/Smash FI, mata ane jadi rada gatel lihat tampilannya. Untuk bro-sist se-era muda ane, pasti menyadari kalo lama kelamaan gaya stikernya Suzy menjadi lebih sederhana, gak ada permainan warna menyala khas Suzuki jaman dulu yang berani. Makin mirip seperti ….. Honda Revo. Apa emang karena Revo rajanya bebek? Jadi Suzuki berkiblat ke sana memilih tampilan stiker yang gak eye catching? Coba deh bandingin tiga motor sekelas ini : Smash FI a.k.a Shooter, Revo, dan Force 1. Keliatan banget kalo Suzuki berkiblat ke Revo yang stripping minimalis – yah elegan lah, dibanding Force 1 yang berani ngeabg stripping versi sportynya. – walaupun ada Force 1 versi elegan. Tapi garis body, design, dan model stiker, kelihatan banget kalo Suzuki lebih dekat ke Honda dibanding gaya agresif sportynya Yamaha.

image

Padahal IMHO, yang membuat duo bebek Suzy – Shogun dan Smash berkibar dulu selain ketangguhan mesinnya juga model dan stikernya yang catcy buanget. Smash SR CW 2005 dulu, bebek termurah yang bling-bling banget bergaya. Gak malu-maluin di bawa ke rumah calon mertua buat nyulik anaknya jalan-jalan. Merah item dibalut stiker api kuning menyala, buntut putih, knalpot bergaya racing, macho! Ane pikir 2005 itu design terbaik Smash – bahkan lebih keren dari model yang generasi Smash selanjutnya. Setelah era itu, bebek Suzy berkiblat ke Honda, gak macho lagi seperti era 2005 ke bawah.

image

Diawali rasa nostalgia ini, waktu ada kerjaan nguli ke Bogor, sengaja ane gak lewat Parung seperti biasa, tapi lewat Cibinong buat nyatroni deretan tukang stiker motor di daerah sana. Sampe sono, jalanin motor pelan-pelan, berenti di salah satu tukang stiker.
Kang, ada stiker Smash yang asli gak kang?
Ada bang. Motornya yang tahun berapa”  si abang belom tau kalo stikernya mau ditempelin ke si merah shooter ini.
2005, yang kuning api itu kang…”
5 menit, si abang ngaduk-ngaduk lapaknya. Ketemu. Huhuuy!
Tempelin di motor ane ini ya kang!”
Si abang garuk-garuk kepala denger ane ngomong. Kali bingung beliau, ini pembeli yang ajaib, punya motor keluaran baru mau ditempelin stiker motor jaman jebot. Hahahaha. Tapi pembeli adalah raja, si abang stiker langsung ngukur-ngukur sambil bawa cutter dan alat lain perlengkapannya.

Ternyataaa… body si Shooter jauh lebih singset dibandingkan dengan Smash 2005. Stiker Smash 2005 jauh lebih panjang daripada Shooter. Jadinya banyak bagian yang gak terpakai.

image

Pada bagian cover depan kebalikan jauh lebih kecil. Jadinya diakalin, untuk bagian depan di tempelin stiker putih yang untuk bagian buntut. Overall, setelah jadi, si Smash FI ane, jadi jauh lebih bling-bling. Coba varian Smash FI kayak gini, seperti jaman Smash generasi 1. Versi R berjari-jari yang standar elegan, dan ada versi SR yang bervelg racing dan stiker lebih sporty warna-warni. Yamaha melakukannya di Force 1 dan cukup aktraktif buat menggaet pasar potensial anak muda – sekaligus yang lebih tua, hanya dengan variasi dua model stiker di satu tipe motor yanh sama.
Ayo Suzy, ubah kiblatnya ke design Yamaha, tinggalkan gaya Honda!

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s